Sabtu, 08 Oktober 2016

Ada apa dengan Ujian Nasional ? karya Ardiansyah


            Ujian nasional merupakan ujian yang dilakukan untuk mengetahui seberapa kemampuan siswa. Bagi sebagian siswa hal itu sudah biasa. Namun, ada pula siswa yang takut akan ujian nasional. Mereka takut jika mendapat nilai jelek dalam ujian nasional. Mereka tidak akan naik ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga sampai saat ini ujian nasional masih menjadi perbincangan.
            Bukan hanya para siswa saja namun, para orang tua juga mempunyai pendapat yang berbeda. Menurut laporan yang ada banyak orang tua yang setuju akan adanya ujian nasional. Mereka berpendapat bahwa hal tersebut sangat penting, karena orang tua bisa mengetahui perkembangan dan kemampuan anaknya di sekolah
            Ada juga alasan lain, orang tua yang setuju mendukung adanya ujian nasional karena agar melatih kejujuran anak mereka. Di dalam ujian mereka tidak bisa bebas ( mencontek, membawa catatan, dan lain – lain ) itu dikarenakan ada pengawas yang mengawai dengan sangat ketat.
            Bagi orang tua yang tidak setuju adanya ujian nasional mereka beralasan bahwa ujian nasional hanya akan membuat mental anak mereka drop. Karena menurut mereka anak – anaknya merasa deg - degan. Mereka takut kepada pengawas dan takut jika mereka mendapatkan nilai jelek.
            Alasan lainnya adalah jika akan menghadapi ujian nasional anak mereka akan belajar dengan giat tapi justru hal tersebut membuat sebagian anak tertekan, karena mereka di suruh belajar terus menerus oleh orang tuanya dan tidak refreshing. Krena jika anak – anak minta refreshing orang rua pasti menjawab “ sebentar lagi kan ujian kok refreshing aja “. Jadi, saat akan melaksanakan ujian mereka tidak konsentrasi. Hal tersebut malah merugikan anak mereka.
            Jadi, salah satu cara untuk menyelesaikan perdebatan tersebut adalah para orang tua harus menasihati dan memberikan motivasi agar anaknya – anak mereka tidak grogi dan harus optimis mendapat nilai baik. Dan berikan juga pengertian agra mereka memulai belajar lebih awal sebelum ujian dan jangan menggunakan sistem belajar SKS ( sistem Kebut Semalam ).
           
Sekian dulu ya gan semoga bisa bermanfaat mohon maaf jika ada kesalahan karena teks di atas hanya menurut asumsi saya. Jangan lupa untuk komen ya gan.                                      
See you again.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Sering di Baca

Pengalaman yang Membanggakan karya Ardiansyah

            Hai semuanya perkenalkan namaku Ardiansyah Wachyu Eka Putra. Aku biasa dipanggil Sasan. Aku lahir di sebuah Kabupaten keci...