Sabtu, 14 Oktober 2017

Festival Bengawan Bojonegoro Karya MOCH.SYAHRUL.M

                             
     

          Festival Bengawan merupakan acara setiap tahun yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.Festival Bengawan adalah festival dimana setiap perwakilan desa menghias perahu untuk dilombakan dalam festival bengawan.Festival yang diselenggarakan untuk memperingati  hari jadi bojonegoro,ini sangat meriah yaitu diikuti oleh 40 peserta dari berbagai desa.Para warga sangat antusias untuk meononton festival ini.
          Pada tahun ini,festival tersebut diselenggarakan pada hari minggu 24 september 2017.Para warga sekitar maupun luar daerah antusias untuk menyambut  festival tersebut.Festival tersebut diwakili ole beberapa desa di Bojonegoro yaitu Desa Tulung rejo,Desa Banjarsari,Desa Guyangan dan lain-lain.

          Rute dari start sampai finish sama seperti tahun lalu.Yaitu Desa Ringinrejo sampai Desa Banjarsari.Atau dari Bendungan Gerak hingga Tambangan Desa Banjarsari
Pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memberikan alokasi dana kepada setiap desa untuk keperluan menghias perahu.Dan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mewajibkan setiap desa untuk mengikuti parade perahu hias yaitu dengan mengirim perwakian dari desanya.Ada berbagai tema yang diuusung suatu desa yaitu Kayangan Api,dan bentuk wayang tengul dan lain sebagainya.
Acara ini dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Kota Bojonegoro dan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo.Selain itu warga sekitar bantaran sungai juga ikut memeriahkan acara ini.Para warga rela berpanas-panasan untuk menonton parade perahu hias tersebut.
          Ada kelebihan dan kekurangan di acara ini yaitu acara ini dapat menjadi daya tarik dan ciri khas Kota Bojonegoro.Kekurangannya adalah apabila diadakan acara ini memakan banyak dana dan anggaran kabupaten berkurang,selain itu sampah berserakan dimana-mana.Untuk masalah sampah seharusnya harus ada petugas kebersihan yang berjaga agar warga yang melihat tidak berani membuang sampah sembarangan.
          Oleh karena itu,Pemerintah Kota Bojonegoro harus lebih tegas dalam mengatasi tindakan orang-orang yang membuang sampah sembarangan.Dan orang-orang harus lebih menanamkan jiwa cinta lingkungan untuk mewujudkan Kota Bojonegoro yang bersih dari sampah.Dan kita sebagai warga Kota Bojonegoro harus melestarikan budaya parade perahu hias karena parade perahu hias adalah salah satu daya tarik wisatawan luar daerah untuk mengunjungi Kota Bojonegoro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Sering di Baca

Pengalaman yang Membanggakan karya Ardiansyah

            Hai semuanya perkenalkan namaku Ardiansyah Wachyu Eka Putra. Aku biasa dipanggil Sasan. Aku lahir di sebuah Kabupaten keci...