Sabtu, 14 Oktober 2017

Kesenian Oklik yang Mulai Punah Karya Ardiansyah

            

Kesenian Oklik merupakan salah satu dari banyak kesenian yang ada di Bojonegoro. Kesenian Oklik merupakan kesenian tradisional yang alat – alat musiknya terbuat dari bambu, salah satunya adalah kentongan. Di Bojonegoro saat ini kesenian oklik ini terancam punah. Hal itu disebabkan zaman yang semakin modern dan berkembang.
            Dapat dilihat sendiri baha kesenian oklik sekarang jarang ditemukan. Jangankan keseniannya alat – alat musiknya seperti kentongan pun sudah jarang ditemukan. Pdahal biasanya kesenian ini masih ada di desa – desa namun sekarang ini kesenian oklik sudah mulai tersingkirkan oleh kesenian yang lebih modern.

            Penyebabnya lainnya adalah banyak pemuda dan anak – anak zaman sekarang lebih memilih mengikuti kesenian barat. Mereka menganggap kesenian barat lebih keren. Menurut mereka  kesenian oklik ini sudah ketinggalan zaman. Mereka mempunyai pikiran jika mereka memainkan kesenian oklik oleh temannya tidak dianggap keren.
            Berkurangnya pembuat alat – alat musik oklik ini menjadi faktor utama penyebab punahnya kesenian ini. Pasalnya para pembuat ini mungkin mereka sudah beralih ke pekerjaan yang lain. Sedangkan para pembuat yang masih menekuni pekerjaan membuatalat musik ini tidak menurunkan keahliannya kepada anaknya. Meskipun nanti anak mereka tidak menekuni pekerjaan tersebut, setidaknya mereka tahu dan bisa membuat alat – alat musik oklik.
            Melihat kesenian oklik yang hampir punah SMPN 2 Bojonegoro membentuk kelompok kesenian oklik. Mereka sempat menampilkan kesenian oklik ini pawai budaya Kabupaten Bojonegoro. Diharapkan dengan adanya kelompok kesenian oklik ini, kesenian oklik bisa tetap lestari dan tidak punah tergerus oleh zaman.
            Kesenian Oklik di Kabupaten Bojonegoro ini sangatlah perlu untuk dilestarikan. Namun agar orang – orang yang mulanya tidak tertarik menjadi tertarik, maka kesenian oklik ini harus sedikit dimodernisasi agar tidak tertinggal zaman sehingga terhindar dari kepunahan.

            Diperlukan pula sosialisasi agar anak – anak dan pemuda di Bojonegoro ini tahu mengenai kesenian dari daerahnya salah satunya oklik ini. Dengan adanya sosialisasi tersebut mereka akan tahu kesenian tradisional asli dari daerahnya. Dn dengan modernisasi yang disebutkan di atas akan membuat mereka tertarik untuk belajar kesenian oklik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Sering di Baca

Pengalaman yang Membanggakan karya Ardiansyah

            Hai semuanya perkenalkan namaku Ardiansyah Wachyu Eka Putra. Aku biasa dipanggil Sasan. Aku lahir di sebuah Kabupaten keci...